Tips Widget Yang Harus Dipasang di Blog


Widget Yang Harus Dipasang di Blog |  Dalam dunia blogging, kita sering mendengar istilah "widget", Karena pada artikel ini saya tidak akan membahas apa itu widget, tapi saya akan berbagi pengetahuan saya tentang, widget penting harus dipasang di blog. Lalu widget apa sajakah itu? Silahkan simak penjelasan berikut ini :

Beberapa widget yang harus dipasang di blog :

1. Widget Artikel Terbaru / Recent Post
Mengapa kita harus memasang widget recent post? Jawabannya yaitu untuk memberitahukan kepada pengunjung tentang artikel yang baru kita buat. Jadi dengan adanya widget recent post pengunjung akan mengetahui artikel terbaru yang ada di blog kita.

2. Widget Artikel Populer / Popular Post
Widget ini dipasang untuk mengetahui artikel yang paling banyak dicari dan dibaca, sehingga kita dapat mengetahui artikel seperti apa ang dibutuhkan oleh pengnjung blog kita.

3. Widget Kategori / Label
Alasan emngapa widget ini penting untuk dipasang di blog adalah supaya kita dapat mengelompokan artikel berdasarkan kategori, sehingga pengunjung blog tidak kebingungan pada saat mencari artikel di blog kita, karena mereka hanya tinggal meng-klik label untuk mencari artikel yang mereka inginkan. Misalnya ketika pengunjung ingin mencari artikel tentang "tutorial blog" maka pengunjung bisa mengklik label / kategori "Tutorial blog".

4. Widget Related Post
Widget related posts dipasang untuk menautkan link artikel yang saling berkaitan satu sama lainnya. Misalnya ketika seorang pengunjung membaca artikel tentang blog, maka widget ini akan menampilkan artikel lainnya yang masih berkaitan dengan artikel tersebut.

5. Widget Follower
Mungkin anda sudah sering mendengar isu bahwa widget follower kurang baik jika dipasang diblog, karena biasanya widget ini yag sering menyebabkan error pada suatu blog. Tapi menurut saya tidak demikian, walaupun isu itu benar tapi saya lebih memandang dari sisi positifnya, apalagi menurut informasi yang saya baca di internet, Matt Cutts ( yang punya google ), juga menyarankan agar kita saling follow dengan blog lainnya, tujuannya yaitu untuk mencari inspirasi ketika kita kebingungan dalam menulis artikel . Sedangkan untuk bisa saling follow dengan blog lain, harus memasang widget follower di blog kita. 

6. Widget Recent Commen
Alasan mengapa widget recent coment di perlu pasang di blog yaitu untuk memberikan apresiasi atau penghargaan kepada pengunjung yang telah berkomentar di blog kita.

7. Widget Sharing Button
Widget sharing button ini sangat penting dipasang di blog kita, untuk mempermudah pengunjung dalam share ( membagikan ) artikel yang adan kita. Contoh widget Sharing Button dapat anda lihat dibawah postingan di blog saya ini ( tombol facebook share, twitter, google+ dsb )


Tambahan :

8. Widget Informasi Blog
Alasan mengapa widget informasi blog penting dipasang yaitu untuk mengetahui informasi mengenai blog kita. Widget Informasi Blog ini biasa mencangkup beberapa widget seperti berikut ini :

a. Widget Alexa Rank
Widget alexa rank ini perlu dipasang untuk mengetahui peringkat traffik blog kita di dunia ataupun lokal. 

b. Widget Google PageRank
Widget google pagerank perlu dipasang untuk mengetahui reputasi atau ranking suatu blog dimata search engine, khususnya search engine google.

c. Widget Hitstat 
Dengan memasang widget ini kita bisa mengetahui, berpa jumlah pengunjungi blog, jumlah pageview blog dan jumlah pengunjung yang sedang online di blog kita.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai "Widget Penting Yang Harus Dipasang di Blog". Walaupun sedikit, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Untuk kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Terimakasih

sumber link 

5 Responses to "Tips Widget Yang Harus Dipasang di Blog"

  1. Jadi selain itu gak penting mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari postingan di atas tidak ada kata-kata yg menyatakan bahwa widget selain yg telah di sebutkan di atas itu tidak penting mas, jadi saya rasa kalau misalkan mas mau memasang widget yg di butuhkan itu penting silahkan di pasang sj. Terimakasih sebelumnya sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Replies
    1. Mantap gan :D , terimakasih sudah mau berkunjung sebelumnya :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel