Validasi TextBox Kosong di Visual Basic 6.0

Visual Basic 6.0

Visual Basic adalah salahsatu bahasanya pemrograman berbasis objek untuk membuat program aplikasi dalam lingkungan windows. Ketika anda membuat program di Visual Basic 6.0 pasti selalu menemukan dari bagian Toolbox yaitu alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan objek, objek tersebut biasanya yang sering di temui di suatu program terdiri dari TextBox , Commandbutton, Label dan lainnya.

Seperti pada judul di atas adalah Validasi TextBox Kosong, yaitu sama halnya melakukan pengecekan di dalam objek Textbox jika bernilai Benar atau Salah, bisa kita artikan jika textbox kosong maka statement dari Validasi tersebut akan melakukan eksekusi bernilai Benar atau salah.

Jika anda di hadapkan pada suatu program yang terdapat lebih dari 1 TextBox , pastinya akan lebih rumit dengan membuat listing program ketika pada textbox terdapat ada yang kosong, Nah, dengan cara di bawah ini mungkin dapat membantu anda.

1.  Untuk Listing Programnya nanti di tulis atau di isi di bagian Script.bas, biasanya di kenal dengan Module1, Letakkan Kodenya di bagian Module1 :

Public Function CekTextBox(obj As Variant) As Boolean
Dim i As Long
  CekTextBox= True
  For i = 0 To UBound(obj)
    If obj(i).Text = "" Then
      If obj(i).Enabled Then
        obj(i).SetFocus
      End If
      MsgBox "Data tidak boleh kosong, silahkan periksa kembali", vbInformation, "Informasi"
      CekTextBox= False
      Exit Function
    End If
  Next i
End Function

2.  Selanjutnya gunakan Listing program di bawah ini, untuk mengeksekusi Kode Di atas, biasanya di letakan di CommandButton atau objek pengeksekusian terhadap textbox tidak boleh kosong.

Private Sub Nama_CommandButton_Click()
  If Not CekTextBox(Array(text1, text2, text3, text4, text5)) Then
        Else
  'Statement
  end if
end sub

Keterangan:
  • Untuk tulisan berwarna biru, silahkan anda sesuaikan dengan nama CommandButton yang anda punya.
  • Untuk tulisan berwarna merah, ganti dengan nama Textbox anda.
Untuk cara di atas saya sudah mencobanya dan berhasil ketika membuat suatu Program di Visual Basic 6.0, mungkin itu saja yang dapat saya berikan, jika ada yang salah mohon di maklumi dalam menerapkan cara Validasi TextBox Kosong di Visual Basic 6.0.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.