Proses dan Manajemen Proses

1.  KONSEP PROSES PADA SISTEM OPERASI LINUX

Proses adalah program yang sedang dieksekusi.  Setiap kali menggunakan utilitas sistem atau program aplikasi dari shell, satu atau lebih proses ”child” akan dibuat oleh shell sesuai perintah yang diberikan.  Setiap kali instruksi dibe rikan pada Linux shell, maka kernel akan menciptakan sebuah proses-id. Proses ini disebut juga dengan terminology Unix sebagai sebuah Job. Proses Id (PID) dimulai dari 0, yaitu proses INIT, kemudian diikuti oleh proses berikutnya (terdaftar pada  /etc/ini ttab ). Beberapa tipe proses :

  • Foreground, Proses yang diciptakan oleh pemakai langsung pada terminal (interaktif, dialog) 
  • Batch, Proses yang dikumpulkan dan dijalankan secara sekuensial (satu persatu).  Proses Batch tidak diasosiasikan (berinteraksi) dengan terminal.
  • Daemon, Proses yang menunggu permintaan (request) dari proses lainnya dan menjalankan tugas sesuai dengan permintaan tersebut.  Bila tidak ada request, maka program ini akan berada dalam kondisi “idle” dan tidak menggunakan waktu hitung CPU. Umumnya nama proses daemon di UNIX berakhiran d, misalnya  inetd,  named , popd, dll.
2.  SINYAL

Proses dapat mengirim dan menerima sinyal dari dan ke proses lainnya. Proses mengirim sinyal melalui instruksi “kill” dengan format 
kill [ -nomor sinyal] PID
Nomor sinyal : 1 s/d maksimum nomor sinyal yang didefinisikan system Standar nomor sinyal yang terpenting adalah :

Linux


3.  MENGIRIM SINYAL

Mengirim sinyal adalah satu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwaada sesuatu yang harus dikendalikan.  Berdasarkan sinyal yang dikirim ini maka proses dapat bereaksi dan administrator/programmer dapat menentukan reaksi tersebut. Mengirim sinyal menggunakan instruksi
kill [ -nomor sinyal] PID
Sebelum mengirim sinyal PID proses yang akan dikirim harus diketahui terlebih dahulu.

4.  MENGONTROL PROSES PADA SHELL

Shell menyediakan fasilitas job control yang  memungkinkan mengontrol beberapa job atau proses yang sedang berjalan pada waktu yang sama.  Misalnya bila melakukan pengeditan file teks dan ingin melakukan interrupt pengeditan untuk mengerjakan hal lainnya. Bila selesai, dapat kembali ( switch) ke editor dan melakukan  pengeditan file teks kembali.

Job bekerja pada  foreground  atau  background .  Pada  foregroundhanya diperuntukkan untuk satu job pada satu waktu. Job pada  foregroundakan mengontrol shell  - menerima input dari keyboard dan mengirim output ke layar. Job pada background tidak menerima input dari terminal, biasanya berjalan tanpa memerlukan interaksi.

Job pada   foreground kemungkinan dihentikan sementara (suspend), dengan menekan [Ctrl - Z]. Job yang dihentikan sementara dapat dijalankan kembali pada foreground atau background sesuai keperluan dengan menekan ” fg ” atau ” bg ”. Sebagai catatan, menghentikan job seme ntara sangat berbeda dengan melakuakan interrupt job (biasanya menggunakan [Ctrl -C]), dimana job yang diinterrup akan dimatikan secara permanen dan tidak dapat dijalankan lagi.

5.  MENGONTROL PROSES LAIN

Perintah ps dapat digunakan untuk menunjukkan semua proses yang sedang berjalan pada mesin (bukan hanya proses pada shell saat ini)dengan format :
ps –fae atau
ps -aux
Beberapa versi UNIX mempunyai utilitas sistem yang disebut  top yang menyediakan cara interaktif untuk memonitor aktifitas sistem.  Statistik secara detail dengan proses yang berjalan ditampilkan dan secara terus - menerus di - refresh .  Proses ditampilkan secara terurut dari utilitas CPU. Kunci yang berguna pada  top adalah :
s –set update frequency
u –display proses dari satu user
k –kill proses ( dengan PID)
q –quit
Utilitas untuk melakukan pengontrolan proses dapat ditemukan pada sistem UNIX  adalah perinta h  killall. Perintah ini akan menghentikan proses sesuai PID atau job number proses.

0 Response to "Proses dan Manajemen Proses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel