Konfigurasi Topology dan Suffix pada Windows Server 2003

Sebelum mengkonfigurasi windows server, diharuskan untuk membuat topology, dimana hal ini akan memudahkan untuk membuat sebuah jaringan, sebagai contoh jika ingin membangun jaringan kantor yang mempunyai beberapa lantai, sehingga sangat membingungkan dalam membangun jaringan lan yang ada di sebuah kantor jika tidak menggunakan topology sebagai panutan dalam membuat jaringan tersebut, untuk itu fungsi dari topology adalah memudahkan didalam pembuatan jaringan server.

Topology Jaringan

Pada Gambar diatas merupakan topology jaringan sederhana yang hanya dibuat sebagai contoh untuk membangun jaringan yang lebih terstruktur, dan dapat memudahkan di dalam pembuatan server.

Suffix

Pertama kali yang harus dilakukan adalah memberi atau mengatur ulang nama komputer yang dijadikan sebagai server, dan fungsi suffix disini adalah untuk memberikan nama komputer sebagai primary dns, untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut :

  • Klik Start, pilih My Computer lalu klik kanan, klik properties.
Tampilan My Computer

  • Selanjutnya akan muncul Sytem Properties, pilih Tab Computer Name, lalu klik Change, dibagian Computer Name Changes, Pilih More lalu isikan primary DNS pada textbox kosong, lalu OK. 
Mengganti Nama Komputer

Selanjutnya Windows akan meminta restart untuk mengatur ulang DNS Suffix yang sudah di konfigurasi. Untuk tahap berikutnya adalah mengisikan IP address pada Local Area Connection dengan cara sebagai berikut :

  • Klik Start > Pilih Control Panels > lalu pilih Network Connections > klik Local Area Connection.
Network Connections
  • Pada Local Area Connection > Klik Properties > Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), klik Properties > lalu memilih  option Use the following ip address. 
Internet Protocol (TCP/IP)

Pada gambar Internet Protocol (TCP/IP) Properties terdapat ip address yang sudah di isikan sesuai dengan ip topology jaringan yang sudah di buat di atas. Dan selanjutnya selesai untuk pemberian IP pada computer server.

Bila kita cermati, langkah awal dalam tahap pembelajaran untuk membuat server, kita harus memahami betul apa yang diperlukan, seperti halnya pada postingan ini, meskipun kelihatannya sepele kemungkinan sedikit banyaknya dapat membantu anda didalam membuat server jaringan menggunakan windows server 2003. Nah, tu saja mungkin yang dapat saya berikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat..

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.