Pengenalan Windows Server 2003

Windows Server 2003

Pengertian, Windows Server 2003 merupakan sebuah versi system operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan .NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem Windows 2000 Server.

Windows Server 2003 sistem operasi mengambil yang terbaik dari teknologi Windows 2000 Server dan membuat lebih mudah untuk menyebarkan, mengelola, dan digunakan. Hasilnya: infrastruktur yang sangat produktif yang membantu membuat jaringan dan sebuah Aset Strategi suntuk Organisasi. Pada tanggal 28 Maret 2005, semua Windows Server 2003 Sistem operasi kapal dengan Windows Server Service Pack 1 (SP1). Windows Server 2003 SP1 memberikan peningkatan keamanan, Peningkatan Keandalan, dan administrasi yang disederhanakan untuk membantu pelanggan perusahaan di semua industri.

Microsoft Windows Server R2 Enterprise Edition adalah platform utama untuk aplikasi bisnis penting. Windows Server 2003 R2 Enterprise Edition dibangun pada fitur standar yang ditemukan dalam keluarga Windows Server 2003 R2 dengan menambahkan fitur yang dirancang untuk Meningkatkan Keandalan skalabilitas, keamanan, dan Manageability Aplikasi Enterprise.
Makalah ini menyediakan pengenalan pada fitur-fitur teknis utama pada Windows Server 2003 R2 Enterprise Edition dan membahas aplikasi tersebut fitura plikasi mission-critical, sebagai e-mail, database, dan aplikasi bisnis.

Sejarah, pada tanggal 24 April 2003, Microsoft meluncurkan Windows Server 2003, sebuah pembaruan untuk sistem operasi Windows 2000 Server, yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan yang baru, pemandu "Manage Your Server wizard" yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya, dan juga peningkatan kinerja. Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2.

Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama "Windows Audio" dan "Themes" demi alasan kestabilan; Agar dapat menggunakan suara dan tampilan yang sama dengan Windows XP, pengguna harus mengaktifkannya secara manual, melalui snap-in Microsoft Management Console Services.msc Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan; lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual, tentu saja jika device driver yang digunakan "bisa dipercayai".

Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di antara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemen untuk kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas.

Fungsi, inti dari fungsi windows server 2003 ditujukan untuk membuat sebuah jaringan yang bisa saling berhubungan antara komputer Server dan Client agar bisa berbagi sumber daya baik perangkat lunak maupun perangkat keras sehingga akan medapati tujuan yang akan menghasilkan informasi bagi penggunanya.

Kelebihan, adapun windows server 2003 memliki beberapa kelebihan yang tercakup di dalamnya sebagai berikut :
  • Memakai protocol TCP/IP dimana fasilitas TCP/IP mengandung banyak keuntungan diantaranya memperkecil waktu bolak-balik conection.
  • Memudahkan dalam pengaturan saat terjadi kesalahan.
  • Paket-paket data bisa diganti dengan memakai alamat tujuan paket itu.
  • Memakai dukungan jendela yang besar artinya ukuran jendela secara otomatis terbuka dengan ukuran yang lumayan besar tanpa harus kita perbesar dan memperjelas intruksi-intruksi yang termuat di dalamnya.
  • Keunggulan paling utama sebenarnya adalah dimana TCP/IP mempunyai brabwith yang tinggi jadi tidak harus menunggu lama saat conection ke internet ataupun mengubah-ngubah alamat supaya mempercepat conection.
  • Pengoperasiannya mudah, cara menginstall windows server 2003 tidaklah terlalu sulit ,bahkan mungkin dibandingkan dengan dengan windows NT yang sangat rumit.
  • Cantik memukau hal yang pertama yang kita lihat pada OS Windows 2003 standard edition adalah tampilan server yang sangat indah dan mirip windows xp versi pro maupun home edition.
  • Fungsionalitas dan skalabilitas, ketakjuban yang kedua terjadi saat OS Windows 2003 ini di restart. Proses rebooting ini terjadi sangat cepat, seakan kita tidak sedang menggunakan OS dengan title server, seakan bekerja pada sebuah mesin desktop ringan, hardware pun terlihat tidak terbebani.
Kekurangan, Adapun windows server 2003 memliki beberapa kekurangan yang tercakup di dalamnya sebagai berikut :
  • Windows Server 2003, yang terasa tidak memadai di tengah kemajuan Web 2.0
  • Kadang jika kita tidak teliti dalam mengginstall,error selalu ditemui
  • Tidak semua Produk aplikasi ( bahkan buatan Microsoft sendiri ) bisa berjalan diatasnya
  • Persyaratan hadware yang sangat tinggi
  • Kemanan yang kurang tangguh
  • Makin banyak type file yang dibuka dengan berbagai macam aplikasi dan telah terinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan sesuai type file yang dibuka, makin terasa beban makin berat.
Teknologi, Windows Server 2003 berisi dibangun pada Windows 2000 Server teknologi inti, yang menyediakan sistem operasi kualitas server hemat biaya tinggi. Belajarlah untuk membuat Windows Server 2003 dalam unit pada skala apapun dapat menjadi platform server ideal bagi mereka fitur baru dan teknologi baru. Server handal sistem operasi untuk memahami bagaimana membuat lembaga dan produktivitas karyawan yang lebih tinggi dan komunikasi yang lebih baik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.