Mempersingkat Link dengan Google URL Shortener

Google URL Shortener, dikenal sebagai untuk mempersingkat atau memperpendek suatu Uniform Resource Locator (URL) yang panjang dan nantinya akan mengarahkan ke halaman yang sudah ditentukan. hal ini sudah banyak digunakan oleh para blogger untuk mempromosikan blog di berbagai sosial media, seperti facebook yang biasanya di lakukan dengan bertujuan untuk blogwalking ataupun yang lainnya, namun bukan hanya itu saja, dengan cara ini banyak juga yang bisa dimanfaatkan dari hasil mempersingkat atau memperpendek suatu Link. 

Kegunaan dan maanfat lain dari URL shortening adalah untuk mempercantik link, melacak klik, atau menyamarkan alamat yang mendasarinya. Meskipun menyamarkan alamat yang mendasari, mungkin hal ini diinginkan untuk alasan bisnis atau pribadi yang sah, cara ini terbuka untuk penyalahgunaan dan untuk beberapa alasan lainnya. 

Beberapa hal yang perlu diketahui, pada saat berkunjung di blog sahabat, saya menemukan sedikit catatan yang sangat bermanfaat, yaitu URL asli tanpa menggunakan penyedia layanan pemendekan link yang kita letakkan pada sosial media seperti facebook atau lainnya, sebenarnya dari segi Backlink itu tidak efesien jika anda meletakkannya di sosial media seperti facebook, maka dalam statistic backlink akan terbaca dari facebook. Nah, jika anda ingin mendapatkan umpan balik dari Google, anda harus menggunakan layanan Google URL Shortener jika anda menginginkan backlink atau umpan balik dari Google.

Adapun cara untuk memperpendek link di Google URL Shortener, anda bisa mengikutinya seperti langkah-langkah dibawah ini :

Langkah Pertama, siapkan URL Link yang akan disingkat, atau anda bisa Simpan di notepad jika link yang akan dipendekan terlihat banyak.

Langkah Kedua, pastikan anda sudah Sign In dengan akun google yang anda punya. selanjutnya kunjungi situs shortener URL Google di goo.gl.

Memperpendek Link

Langkah Ketiga, selanjutnya letakkan URL di kotak yang tersedia, lalu klik Shorten Link.

Google URL Shortener

Langkah Keempat, maka hasil akhir URL yang sudah disingkat akan seperti gambar di bawah ini.

Google URL Shortener

Langkah Kelima, Selesai.

Nah, cukup mudah bukan, selanjutnya anda tinggal Copy URL yang sudah disingkat dan selanjutnya anda bisa mempublikasikan URL tersebut. Mungkin itu saja yang dapat saya berikan tentang cara Mempersingkat Link dengan Google URL Shortener, selamat mencoba...

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.