Terminal dan Perintah Umum Linux Ubuntu

Bekerja dengan baris perintah bukanlah tugas yang menakutkan seperti yang anda bayangkan. Tidak diperlukan pengetahuan khusus untuk mengetahui bagaimana menggunakan baris perintah, ini program biasa seperti program-program yang lainnya. Semua tugas di Linux dapat diselesaikan menggunakan baris perintah, meskipun sudah ada tool-tool berbasis grafik untuk kebanyakn program, tetapi kadangkala itu semua belumlah mencukupi. Disinilah baris perintah akan menolong anda.

Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, namun pengguna Linux merasakan dengan menggunakan shell ia dapat mengeksekusi perintah dengan lebih cepat dibandingkan dengan cara grafis dan masih sangat berguna hingga saat. Kali ini anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal.

Kegunaan awal dari terminal adalah sebagai peramban berkas dan kenyataannya masih digunakan sebagai peramban berkas. Anda dapat menggunakan terminal sebagai peramban berkas untuk melayari berkas anda dan membatalkan perubahan yang telah dibuat.

Memulai Terminal

Konsole dapat dimulai dengan memilih K-menu->System->Konsole (Terminal Program) dari sistem menu Destop.

Perintah Umum pada Linux Ubuntu :

  • Melihat Direktori: -ls, Perintah ls (LiSt) senarai berkas dalam warna berbeda dengan teks berformat penuh.
  • Membuat Direktori: - mkdir (nama direktori), Perintah mkdir (MaKeDIRectory) akan membuat sebuah direktori.
  • Pindah Direktori: - cd (/direktori/lokasi), Perintah cd (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori anda sekarang ke direktori yang anda tentukan.
  • Salin Berkas/Direktori: - cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas), Perintah cp (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang anda tentukan.
  • Hapus Berkas/Direktori: - rm (nama berkas atau direktori), Perintah rm (ReMove) akan menghapus file apapun yang telah anda tentukan sebelumnya. Perintah rm -r akan menghapus direktori apapun yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk semua isinya.
  • Pindahkan/Rename File/Direktori: - mv (nama file atau direktori), Perintah mv (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang anda tentukan.
  • Cari Berkas/Direktori: - locate (nama berkas atau direktori), Perintah locate akan mencari komputer anda untuk setiap nama berkas yang anda tentukan. Dia menggunakan indeks dari berkas dalam sistem anda untuk bekerja dengan cepat: untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, jika anda meninggalkan hidup komputer anda. Harus dijalankan dengan hak istimewa pengelolaan (lihat “Root Dan Sudo”).
Anda juga dapat menggunakan wildcard untuk mencocokkan satu atau lebih berkas, seperti "*" (untuk semua berkas) atau "?" (untuk mencocokkan satu karakter).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.