Perintah dpkg pada Linux Ubuntu

Perintah dpkg merupakan utility berbasi Debian Package Management System yang berfungsi untuk menginstal, meremove, dan memperoleh informasi dari setiap paket. deb, adapun perbedaan dpkg dengan perintah dpkg sebagai berikut :

  • Dengan menggunakan perintah dpkg, sebelum tahap instalasi dimulai maka file dengan ekstensi .deb harus tersedia terlebih dahulu
  • Dengan menggunakan perintah apt-get, maka secara otomatis system akan menginstallkan paket aplikasi yang hendak di install.
.
Meskipun saat ini perintah dpkg sudah di alihkan pada utility berbasis GUI seperti Ubuntu Software Center, tetapi mengetahui perintah-perintah dasar dpkg wajib diketahui oleh para penggunan sistem operasi Ubuntu yang merupakan turunan langsung dari linux Debian. Di bawah ini adalah perintahnya :

1.   Download file .deb dari repository Ubuntu.
Untuk mendapatkan file .deb dari repository ubuntu anda bisa menggunakan perintah apt-get di ikuti dengan opsi -d, yang perintah apt-get tersebut hanya digunakan untuk mendownload palet. deb saja. 

$ sudo apt-get -d multiget

Pada perintah di atas, file multiget.deb tidak terinstall pada system tetapi di direktori /var/cache/apt/archives/multiget_1.2.0-3_i386.deb

2.    Install paket dengan dpkg
Untuk menginstall paket .deb dengan perintah dpkg bisa menggunakan opsi -i diikuti nama filenya, sebagai contoh saya akan menginstall file multiget_1.2.0-3.deb yang berada di direktori /var/cache/apt/archives.

$ sudo dpkg -i /var/cache/apt/archives/multiget_1.2.0-3_i386.deb

Sebagai catatan, tidak semua paket berdiri sendiri ada beberapa paket software yang membutuhkan dependencies, ada kalanya terjadi error jika anda menginstall paket software dengan perintah dpkg karen perintah dpkh tidak secara otomati menginstall dependencies yang dibutuhkan seperti pada perintah apt-get, jika anda menemukan error karena tidak ditemukannya dependencies yang menyertai paket tersebut, gunakan perintah berikut untuk memperbaikinya dengan perintah sebagai berikut :

$ sudo apt-get -f install

3.    Remove software dengan perintah dpkg
Untuk meremove software yang sudah di install dengan menggunakan perintah dpkg, gunakan opsi -r di ikuti nama softwarenya.

$ sudo dpkg -r multiget

Jika paket yang anda install sebelumnya membuat file config tersendiri anda bisa menggunakan opsi -P untuk memastikan semua file config ikut terhapus juga

4.    Ekstrak fiile .deb dengan dpkg
Untuk Mengetahui isi dari oaket .deb tersebut bisa digunakan perintah dpkg diikuti dengan opsi -x, sebagai contoh saya akan mengekstrak file /var/cache/apt/archives/multiget_1.2.0-3i386.deb ke direktori /tmp/multiget-source.

  • mkdir /tmp/multiget-source
  •  sudo dpkg -x /var/cache/apt/archives/multiget_1.2.0-3i386.deb /tmp/multiget-source
  •  ls /tmp/multiget-source
  • user 

5.    Menampilkan informasi dari suatu aplikasi
Untuk menampilkan informasi dari sebuah aplikasi yang sudah terinstall di system bisa menggunakan perintah dpkg diikuti dengan opsi -p, sebagai contoh dibawah ini saya akan menampilkan informasi dari aplikasi zekr yang sudah terinstall di ubuntu.

dpkg -p zekr

6.    Menampilkan informasi dari suatu file .deb
Untuk menampikan informasi dari suatu file .deb gunakan perintah dpkg diikuti dengan opsi -I. Contoh berikut akan menampilkan informasi dari file teamviewer_linux.deb

dpkg -I teamviewer_linux.deb

7.   Menampilkan list dari paket yang sudah terinstall di system
Untuk mengetahui paket apasaja yang sudah terinstall di ubuntu, gunakan perintah dpkg diikuti opsi -l. Perintah di bawah ini akan menampilkan paket aplikasi apa saja yang sudah terinstall di komputer. Gunakan tanpa pipe ( | ) diikuti dengan perintah less, untuk melihat output perbagian.

dpkg -l | less

Jika anda ingin melihat list dari aplikasi tertentu saja, gunakan perintah berikut :

dpkg -l gimp

Untuk melihat opsi-opsi yang lebih lengkapnya, anda bisa lihat secara manual page dari perintah dpkg, dibawah ini adalah perintahnya :

man dpkg

Untuk versi help dari perintah dpkg dengan menggunakan :

dpkg --help 

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.