Advance Packaging Tool Linux Ubuntu

Advance Packaging Tool (APT) adalah aplikasi berbasis command line yang dapat digunakan untuk menangani urusan instalasi dan un-install paket software berbasis distro debian dan turunannya. APT mempermudah proses manajemen software pada sistem berbasis Unix dengan mengotomatisasikan pengambilan ketergantungan paket yang dibutuhkan, melakukan konfigurasi, dan instalasi paket dalam bentuk binari atau dengan melakukan kompilasi paket source kode.

Pada Advance Packaging Tool (APT) terdapat beberapa perintah yang harus anda ketahui, adapun perintahnya adalah sebagai berikut :

1.    apt-get update
Perintah ini akan mengupdate daftar package dari repository yang terdaftar di etc/apt/source.list. Perintah ini dibutuhkan jika anda mengubah isi dari file /etc/apt/source.list.

$ sudo apt-get update

2.    apt get upgrade
Perintah ini akan melakukan update terhadap semua package yang sudah terinstall di Ubuntu.

$ sudo apt-get upgrade

3.    apt-get dist-upgrade
Perintah ini akan melakukan upgrade terhadap package yang ada dan menginstall package baru yang dibutuhkan oleh package lama tetapi tidak terinstall pada system.

$ sudo apt-get dist-upgrade

4.    apt-cache search
Perintah diatas akan mencari program yang akan kita install beserta deskripsinya, misalkan anda akan menginstal aplikasi xchat, perintahnya adalah seperti dibawah ini :

$ sudo apt-cache search xchat

5.    apt-cache policy
Perintah ini berfungsi untuk melihat versi packages yang akan kita install dan prioritasnya, misalkan anda ingin melihat versi dari aplikasi xchat yang akan diinstal, perintahnya sebagai berikut :

$ sudo apt-cache policy xchat

6.    apt-cache show
Perintah diatas akan menampilkan semua informasi dari package yang akan diinstall, mulai dari nama package, prioritas, versi, arsitektur, besar file, sampai, MD5sum. perintah berikut untuk menampilkan informasi dari xchat.

$ sudo apt-cache show xchat

7.    apt-cache showpkg
Perintah ini akan menampilkan dependencies yang dibutuhkan oleh sebuah package, perintah berikut akan menampilkan deppendencies yang dibutuhkan oleh package xchat.

$ sudo apt-cache showpkg xchat

8.    apt-get install
Perintah tersebut akan menginstall package beserta semua dependenciesnya, perintah berikut akan menginstall aplikasi xchat

$ sudo apt-get install xchat

9.   apt-get remove
Perintah tersebut akan menghapus atau menguninstall aplikasi yang sudah diinstall beserta semua packahe yang dibutuhkan tanpa menghapus konfigurasinya.

$ sudo apt-get remove xchat

10.    apt-get autoremove
Perintah ini akan menghapus package yang tidak memiliki dependencies.

$ sudo apt-get autoremove

11.    apt-get remove --purge
Perintah ini akan menghapus atau menguninstall program yang sudah diinstal beserta konfigurasinya.

$ sudo apt-get remove --purge xchat

12.    apt-get autoclean
Perintah ini akan menghapus isi cache di harddisk yang digunakan saat menjalankan perintah ap-get install secara otomatis dengan cara menghapus versi paling lama dari suatu package.

$ sudo apt-get autoclean

Jika ingin menghapus isi cache secara keseluruhan gunakan perintah :

$ sudo apt-get clean

13.    Memperbaiki dependencies yang rusak
Perintah berikut akan memperbaiki dependencies yang rusak, yang menyebabkan perintah apt tidak bisa di gunakan, dan muncul pesan error, gunakan perintah berikut untuk memperbaikinya.

$ sudo apt-get -f install

14.  Melihat space yang digunakan cache
Direktori yang digunakan tool apt untuk menyimpan cache adalah /var/cache/apt/archives/ dan var/cache/apt/archives/partial, untuk melihat banyaknya space yang terpakai gunakan perintah berikut.

  • $ du -h /var/cache/apt/archives/
  •  4.0 /var/cache/apt/archives/partial
  •  127M /var/cache/apt/archives/

1 Response to "Advance Packaging Tool Linux Ubuntu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel