Tips Membuat Artikel Berkualitas Seo Friendly

Membuat sebuah artikel dengan standar dan kualitas SEO sebenarnya sederhana. Bagaimana cara membuat artikel postingan yang baik ? Usahakanlah untuk membuat artikel berkualitas dari kata kunci yang tertarget dengan keyword pada search engine. Setelah menentukan kata kunci utama, kita dapat menentukan sebuah tema yang tepat untuk judul artikel kita.

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog :

1. Pemilihan Judul Artikel yang Tepat
Tahap pertama adalah menentukan sebuah judul yang tepat dalam sebuah artikel yang ingin kita buat. Bagaimana cara menentukan judul artikel posting ini ? Seperti yang dijelaskan tadi, kita harus menentukan tema terlebih dahulu agar dapat mmbuat sebuah judul yang baik. Cobalah buat judul artikel dengan panjang kata 4-8 Keyword Utama. Berdasarkan SEO On Page 2013 yang saya terima, 4-8 Keyword utama yang disusun menjadi sebuah Judul adalah yang pertama kali akan diindex terlebih dahulu dihalaman peringkat 1 Google.

2. Memilih URL Artikel ( Permalink )
Pada umumnya setiap kali kita telah selesai menentukan sebuah judul artikel, maka secara otomatis blogger akan memberikan Permalink yang berada pada bagian sidebar halaman Post Setting blog kita. Dibagian kanan Anda saat melakukan posting ada menu berisi Labels, Schedule, Permalink, Location, Option. Pada bagian Permalink ada yang sudah auto url artinya url telah ditentukan berdasarkan judul artikel. Kita juga dapat mengubahnya dengan mengklik bagian Custom Permalink. Anda tinggal mengisi url apa yang sesuai target dengan judul artikel Anda. Ini akan lebih menjadi efektif daripada automatic permalink. Contoh penulisan Custom Permalink.
meta-tag-seo-friendly-2013

3. Gunakan Label di setiap artikel

4. Pembuatan Artikel Sesuai Standar SEO Friendly
Dalam membuat artikel yang SEO Friendly dibutuhkan beberapa kriteria optimization berikut ini :
  • Panjang artikel minimal 350kata.
  • Setiap kata kunci minimal diulangi sebanyak 3 kali dan maksimal 5 kali.
  • Kata kunci bersifat umum harus diberi Bold atau Italic atau Underline, Pilih salah satu. Sedangkan kata kunci utama harus disertai Bold, Italic, Underline dan URL Link Aktif.
  • Gunakan bahasa yang baku, baik, dan benar sesuai kaidah Bahasa Indonesia.
  • Jangan lupa untuk menggunakan salah satu frasa Tag H1,H2 atau H3 pada artikel tersebut.
  • Gunakanlah Metode Dedikatif , Induktif dan Intelektif. Dimaksudkan untuk menempatkan kata kunci utama di paragraf pertama, paragraph terakhir, paragraf isi, atau di Paragraf awal dan akhir.
5. Pasanglah attribut Gambar pada artikel tersebut.
Dalam pencarian di search engine tidak hanya penelusuran berdasarkan Web melainkan juga berdasarkan Image / Gambar maka dari itu, berilah nama gambar yang sesuai dengan judul dan tidak terlalu panjang.

6. Memasang Link Internal didalam Artikel.
Dalam membangun halaman blog yang SEO On Page, membuat sebuah Links Internal adalah hal yang harus dilakukan pada setiap artikel. Caranya adalah dengan membuat keterkaitan antar artikel di blog Anda dengan berisi link menuju artikel tersebut. Maka para pembaca pun akan mengikuti jejak yang ditinggalkan apabila mereka belum mengerti dan memahaminya.

7. Buatlah sebuah artikel yang bermanfaat untuk orang lain dan tidak memaksa.

7 Poin Penting dalam menulis artikel berkualitas SEO Friendly seperti diatas dapat Anda terapkan ke dalam optimisasi pembuatan postingan yang baik. Semoga pembaca dapat memahami dalam menentukan judul artikel yang tepat dan sesuai keywords. Mudah-mudahan halaman blog Anda dapat terindex dengan cepat dan menjadi blog peringkat 1 di Google.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.